Tips Turbud

Iseng liat notes HP, dan ternyata ada notes beginian. Yaudahdeh.

Beberapa hari lalu saya baru pulang tur budaya alias turbud. Ke Bali coy! Tiga hari! Ke Jogja juga! Tapi cuma sehari. Walau cuma sehari di Jogja, yang penting ke Jogja.

Mumpung masih fresh nih, saya mau bagi-bagi tips turbud buat adek kelasku tercinta. Buat taun depan. Yah semoga masih ada turbud.

1. Bawa pakaian secukupnya.
Jangan sampe kurang, jaga-jaga bisi kamu késangan habis motah di Bali saking excitednya, atau bisi kamu kebasahan diterjang ombak (asli ini mah, temen saya ada yang lagi fofotoan di Tanah Lot terus tiba-tiba ada ombak dibelakangnya. Jebur we basah.)
Tapi jangan kelebihan juga, selain karena berat, ini juga bakal ngabisin space koper atau ransel kamu. Emangnya kamu pulang gak bakal bawa oleh-oleh? Emangnya oleh-oleh teh hampang? Emangnya oleh-oleh teh teu ridu?

2. Perlengkapan pribadi
Kayak alat mandi, alat sholat, pembalut, obat-obatan, dan lain sebagainya. Buat yang suka mabok, bawa antimo!! Malu ah kalo kamu lagi modusin kecengan terus tiba-tiba muntah di depan muka kecengan kamu. Siap-siap nyakuan beungeut weh.

3. Bawa snack atau makanan apapun lah
Penting banget dibawa. Siapa tau seksie konsumsinya cuma mesen menu nasi putih + capcay + ayam + semangka + teh manis + kerupuk tiap harinya, kaya yang angkatan saya alami. Hehe.

4. Bawa receh yang buanyak
Apalagi buat yang beser. Buat toilet umum.

5. Pake/bawa sendal
Ini opsional sih. Kalau saya mah lebih enak pake sendal. Biar kalo misalnya mau solat/babasahan gampang copot-pake nya. Sekedar tips, sendalnya jangan yang mencrang. Tapi hal ini gak berlaku buat sendal aja. Semua barang! Soalnya bisi diambil monyet. Seriusan ini mah. Udah ada korbannya.

6. Belajar mandi yang cepet
Kalau kamu gak mau disorakin pas keluar kamar mandi karena mandinya lama, camkan tips no.6 ini dengan sebaik mungkin. Malu siah. Saya udah mengalaminya. Oh iya, belajar BAB yang cepet dan efektif yah. Makan sayur yang banyak! Biar gak kukulutus di bus gara-gara gak bisa BAB.

7. Bawa DVD, MP3 player, novel, komik dll
Pokoknya apapun yang bisa menghilangkan kegadagan, soalnya perjalanannya panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang banget. Tapi jangan berlebihan juga. Beurat coy. Selain itu, ada obat alami buat ngilangin kegadagan kok. Caranya? Tidur aja.

8. Bawa kamera
Buat kamu yang narsis abiz, hal ini kayanya gak usah diingetin lagi kali ya. Peringatan, pegang erat kamera kamu kalo lagi motret, bisi kaya temen saya yang kameranya kecemplung di pantai.

9. Bawa powerbank
Hal yang sangat sangat sangat sangat penting banget gilak. Kayak yang udah dibilang, perjalanannya kan panjang tuh ya. Stop kontak di masing-masing bus kurang lebih ada 2 lobang. Tapi itu katanya nggak boleh dipake sering-sering. Jadi, kalau gak punya powerbank, kamu harus sigap pa-cepet-cepet sama temen kamu buat ngecas di tempat transit.

10. Belajar tayamum dan solat jama qasar
Namanya juga perjalanan panjang, pasti ada lah waktunya solat jama qasar. Kadang-kadang solatnya harus di bus loh, fyi. Jadi alangkah baiknya kamu ikutin tips ini. Belajarnya bisa dari mana aja kok. Kalau kamu orangnya praktis, bisa lah kamu kunjungi Mbah Google. Kalau kamu orangnya termasuk tipe pemberi modus dan penebar kode, bisa tanya akang-akang DKM. Kaaang, bantuin aku dooong~

11. Bawa bantal pribadi, penutup muka, tisu basah dan kering
Ini wajib buat yang suka tidur bari calangap tuluy ngacay. Kayak saya, yang sukses difoto Bu Wiwin pas lagi tidur calangap.

12. Pintar-pintarlah membelanjakan uang
Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Kalau mau watersport, pilih yang kamu mau aja. Jangan ikut-ikutan. Kalau mau belanja di tempat yang bisa ditawar, tawarlah dengan gila-gilaan. Gak bisa nawar? Modusinlah kecengan kamu agar mau nemenin kamu nawar. Kalau dia gak bisa nawar juga, ya setidaknya bisa belanja dengan kecengan teh sesuatu yang bisa disyukuri. HAHA. MODUS WAE SATEH EUY.

Segitu aja weh ya, bisi makin ngelantur. Meheheh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s